Mengapa Toyota Corolla Sangat Laris Di Dunia?

TOYOTA COROLLA DX 'THE LEGEND'
Sejak diluncurkan pada tahun 1966, Toyota Corolla telah berada di puncak engineering Jepang. Dalam era saat muncul video cassette, mecha (robot raksasa) kartun, karaoke, shinkansen, dan bahkan teknologi tinggi mobil sport seperti Toyota 2000GT dan Mazda Cosmo, Corolla diam-diam muncul sebagai simbol de facto keunggulan Jepang.


Toyota Corolla generasi pertama
Corolla generasi kedua

Sedan Corolla awalnya dirancang oleh Tatsuo Hasegawa sebagai model pengisi antara sedan yang lebih kecil yaitu Publica / Starlet dan sedan Corona dan Crown yang lebih mewah, corolla masuk pada segmen keluarga baru. Nama Corolla bahkan berarti "Little Crown". Tapi pemasaran cerdas dan inovasi, struts MacPherson di depan dan mesin 59 hp OHV, membuat E10 Corolla lebih baik daripada yang lain. Dan selama beberapa dekade mendatang, mulai mencuri hati dan pikiran masyarakat otomotif.

Baca juga : Toyota Crown, Legenda Kemewahan Versi Jepang 




Toyota Corolla GL generasi ke-5
Toyota Corolla adalah mobil keluarga yang nyaman dan bagus. Harganya cukup murah dan berkualitas, dan Anda bahkan bisa membuatnya jadi mobil balap jika anda mau. Kemudian dibuat model SR5 khusus dan TE27 dengan mesin 1.6-liter, hal ini seperti membuat sedan sport Celica di mobil versi lebih kecil .

Bertahun-tahun akhirnya legenda itu terkenal. Oleh generasi E70, di Jakarta khususnya banyak penggemar mobil mengendarai legenda Corolla DXS. Mobil-mobil ini cepat, sporty dan tangguh. Beberapa Corolla dengan odo satu juta kilometer bahkan masih berjalan. Datang era 80-an, Corolla beralih ke front-wheel drive tanpa kehilangan ciri sporty. Ini adalah berkat peluncuran sang legendaris mesin 4A-GE; 1.6-liter in-line yang di produksi selama hampir 20 tahun.


TOYOTA COROLLA Twin Cam

Di era 90-an, dominasi Toyota mencapai puncaknya. Praktek produksi Kaizen berarti tingkat kesalahan satu dalam satu juta menjadi keunggulan Toyota. Corolla begitu baik dibangun tiga generasi yang dibuat dengan paket mekanik yang hampir sama, memungkinkan toko untuk menyediakan persediaan suku cadang untuk setiap jenis mobil Toyota dengan harga terjangkau. Pada satu titik, setiap mobil sedan di jalan-jalan Jakarta adalah Toyota Corolla, begitu juga di seluruh dunia.

Baca juga : Penilaian Orang Indonesia Dalam Memilih Mobil

Mobil Ini Jadi Mobil Terlaris di Amerika 14 Tahun Berturut-turut

Corolla dijual di puluhan juta di dunia, sedan terlaris dan mobil terlaris di dunia. Mereka menciptakan pekerjaan. Mereka menciptakan bisnis. Mereka juga menghancurkan bisnis, bisnis merk mobil lain yang tertinggal dari sisi penjualan. Perusahaan mobil dari china tidak bisa bersaing dengan Toyota khususnya sang legenda Corolla
Toyota Corolla 2016
Ketika  berpindah ke abad ke-21, Corolla terus menjadi lebih baik. Lebih besar, lebih mewah, lebih kuat; Corolla hari ini adalah  jauh lebih bagus dari Corona masa lalu yang sebelumnya di atas Corolla, dan terus menjadi lebih baik. Terbukti saat ini model Corolla baru lebih bagus dan sangat berbeda dari versi sebelumnya, lebih sporty mengikuti perkembangan jaman. Dengan penampilan lebih sporty, mungkin Toyota berharap akan menghilangkan kesan Corolla sebagai mobil bapak-bapak yang membosankan. 

Baca Juga : Ini Dia, Truk Terkencang Di Dunia

Toyota Corolla tahun 2016 ini berulang tahun ke-50 dan rasanya akan hidup sampai 100 tahun atau lebih. Toyota Corolla bukan lagi bayang-bayang Corona atau Crown, tapi Raja di kelasnya bahkan di antara seluruh mobil. 

Selamat Ulang tahun ke-50 Toyota Corolla!! Share if you like :)

Baca juga : All New CIVIC Type-R Makin Garang dan Bertenaga

Previous
Next Post »