Mobil-mobil Kei dari Jepang, Sejarah dan Model

Mobil Kei  adalah mobil kecil yang dibuat jepang, terdiri dari mobil penumpang, microvan (van ukuran micro), juga mobil pickup kecil. Ibarat roti unyil kalo dalam dunia roti, mobil yang kecil cukup untuk jumlah penumpang yang sedikit pula. Kei car dimulai pada tahun 1949, dimana saat itu ekonomi Jepang masih sulit setelah perang dunia kedua. Rakyat Jepang banyak yang tidak mampu membeli mobil yg ukuran standard selain itu juga untuk mendorong industri mobil Jepang, maka dicanangkan pembuatan mobil kecil untuk penumpang dan untuk pengangkut barang bagi pemilik usaha kecil dan pemilik toko. Mobil Kei dibuat menurut kebijakan pemerintah Jepang dimana terdiri dari beberapa era. 

Periode pertama era 360 cc (1949-1975)
Pada periode ini mesin dibatasi kapasitasnya mulai 150 sampai 360 cc (kecil banget ya). Dimensi juga diatur oleh regulasi pemerintah Jepang, ukurannya dibatasi, panjang maks 3 m dan lebar 1,3 m.
Mazda R360
Mobil Kei pada era ini di antaranya yaitu Mazda 360, Suzulight dari Suzuki, Subaru 360, dan Honda Life. 
Mazda R360 yang merupakan mobil pertama yang diproduksi mazda, mobil kecil model coupe ini berbentuk unik seperti piring terbang dan tampak depannya mirip dengan mobil porsche. Mazda R360 mobil dengan 2 pintu berbentuk sedan, bentuknya stylish bergaya eropa.
Mazda R360 memiliki kapasitas mesin 356 cc yang menghasilkan tenaga 16 hp dan torsi 22 Nm (sangat mungil kapasitasnya ya).
Suzulight merupakan awal Suzuki masuk ke industri mobil, sebelumnya Suzuki hanya memproduksi motor. 
Suzulight Suzuki
Suzulight memiliki kapasitas mesin 360 cc yang menghasilkan tenaga 21 hp. Suzulight terkesan lebih kuno dari Mazda R360 dan Subaru 360, bentuknya seperti mobil Amerika kuno. Suzulight  memliki dua pintu dan berkapasitas penumpang 4 orang.

Subaru 360 bermesin 356 cc dan menghasilkan tenaga 16 hp.
Sangat berbeda ya dengan kesan Subaru sekarang yang memproduksi mobil dengan spesialisasi  performa balap. 
Subaru 360


Subaru 360 mempunyai bentuk unik mirip VW beetle, tidak heran julukannya "lady bug" di Jepang, ada kemungkinan meniru VW Beetle yang sudah lebih dulu ada. Subaru 360 memiliki 2 pintu unik yang dibuka dari arah depan, kapasitas penumpangnya empat orang. 

Honda Life dimulai pembuatannya pada tahun 1971. Awalnya (generasi pertama) bermesin 356 cc, sedan mungil ini terdiri dari 2 dan 4 pintu. Mesin 356 cc Honda Life menghasilkan 20 Hp dengan maksimum kecepatan 90 km/jam. Honda mungil ini sempat populer di Indonesia pada tahun 70-an sampai 80-an. Di Jepang sendiri Honda Life masih diproduksi sampai sekarang, namun mulai generasi kedua mesin Honda Life naik menjadi 660 cc.
Subaru 360

Periode kedua era 550 cc (1976 - 1990)
Pada periode ini kapasitas mesin meningkat, dibatasi sampai 550 cc. Pada era ini Pemerintah Jepang mulai memperhatikan emisi  mesin mobil dan memperketat standard emisi gas buang mobil untuk mengurangi polusi udara. Hal ini menyulitkan penggunaan mesin 2 tak yang mengeluarkan emisi yang buruk. Namun di masa ini batas kapasitas mesin ditingkatkan menjadi maksimal 550 cc, begitu juga dimensinya bertambah menjadi panjang maksimal 3.2 m dan lebar maksimal 1.4 m.  Salah satu mobil Kei yang terkenal di jaman ini adalah Daihatsu Hijet S40 microvan, cikal bakal Daihatsu Hijet Zebra. Daihatsu Hijet S40 microvan ini berkapasitas mesin 550 cc 2 tak, tetap mungil ya. Selain itu juga ada Subaru Rex yang memiliki kapasitas mesin 500 cc yang menghasilkan 30 Hp dan 41 Nm. Sedan mini ini mempunyai versi 4WD, sangat special untuk mobil mungil ini ya.

Daihatsu Hijet S4o Microvan

Kemudian ada juga suzuki fronte 550 cc.
Suzuki Fronte 550 cc
Subaru juga mengeluarkan mobil mungil Subaru REX bermesin 550 cc.

Subaru REX 550 cc
Periode ketiga era 660 cc (1990-Sekarang)
Pada tahun 1990, standard baru dibuat, maksimal kapasitas mesin ditingkatkan menjadi 660 cc dan dimensi body ditingkatkan 100 mm atau 10 cm. Era 660 cc ini memmunculkan beberapa sedan coupe sport roadster seperti Daihatsu Copen dan Suzuki Capucino. 

Daihatsu Copen
Daihatsu Copen mulai diproduksi pada tahun 2002 sampai sekarang. Dimensi Daihatsu Copen, panjang 3,4 m dan lebar 1,48 m. Sedan roadster ini berkapasitas 659 cc yang menghasilkan 63 Hp dan 110 Nm.

Daihatsu Copen 2002 first generation
Daihatsu Copen 2002 first generation
Daihatsu Copen new generation
Kecepatan maksimal yang dapat diraih Copen 167 km/ jam, cukup cepat untuk mobil mungil 660 cc bukan? Sedan ini cukup terkenal, pernah dibahas di program otomotif TV Top Gear yang sangat terkenal.

Suzuki Capucino
Mobil Kei dari Suzuki yang mirp nama jenis minuman kopi ini bertipe sport, memiliki kapasitas mesin 357 cc yang dilengkapi dengan turbocharged. Dimensinya cukup kecil dengan panjang 3,295 m dan lebar 1,395 m.

Suzuki Capucino

Mesin Suzuki Capucino menghasilkan tenaga 63 Hp. Sedan dua pintu ini mulai diproduksi pada 1991 dan berakhir tahun 1997.

Masih banyak lagi jenis mobil kei di era ini seperti suzuki alto yang ada sampai saat ini, 
Suzuki Alto 660 cc
Mitsubishi juga mengeluarkan model kei car yang bermesin listrik (electric) Mitsubishi i MiEV 660cc.

Kei mitsubishi i_MiEV 660 cc electric
Salah satu yang paling terkenal adalah Suzuki Wagon R, yang pernah menjadi best seller Kei Car di Jepang. Suzuki wagon R ini sangat mirip dengan Suzuki Karimun Wagon yang ada di Indonesia, namun mesin yang diusung berkapasitas 660 cc, sementara di Indonesia Karimun Wagon mengusung mesin 1000 cc.

Suzuki Wagon R

Suzuki Wagon R Stingray

Itulah mobil-mobil Kei hasil produk jaman resesi Jepang yang ada sampai sekarang. Mobil-mobil ini sekarang populer kembali di saat krisis sumber bahan bakar dunia dan isu pemanasan global yang menekan emisi gas buang. 

Please share jika Anda suka artikel ini. Terima kasih!


Source : Ayoow

Previous
Next Post »